INFORMASI :

yes Selamat datang di website resmi Pemerintah Desa Karangsari Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumenyes

TRADISI BERSIH MAKAM DESA KARANGSARI KECAMATAN KEBUMEN

TRADISI BERSIH MAKAM DESA KARANGSARI KECAMATAN KEBUMEN

Kegiatan bersih makam di Desa Karangsari sudah dilaksanakan di beberapa Dusun yang ada di Desa Karangsari diantaranya :

NO

DUSUN

TANGGAL PELAKSANAAN

NAMA MAKAM

1

KLEPUBENER

SABTU, 4 MARET 2023

STANA BUNDER

2

KEWANGEN

SELASA, 7 MARET 2023

SILABAN

3

KARANGASEM

MINGGU, 5 MARET 2023

NYI SARAT, NYI MBAN

4

AMPEL

SABTU, 11 MARET 2023

JEMBLUK

5

KESAMBI

MINGGU, 5 MARET 2023

MALANG KENCANA

Beberapa lokasi tersebut diadakan kegiatan gotong royong membersihkan area pemakaman. Diantara tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menjaga kebersihan lingkungan makam.

Bersih makam merupakan salah satu kearifan lokal yang kaya akan nilai-nilai berwawasan kesehatan yang masih terjaga hingga kini.

Tradisi Bersih sendiri memang biasanya dilakukan warga pada bulan Sya'ban. Rangkaian kegiatannya meliputi ziarah makam, mendoakan arwah, serta membersihkan area makam leluhur masing-masing. 

Sudah menjadi tradisi warga Desa Karangsari Kecamatan Kebumen, dalam menyambut menjelang datangnya bulan Ramadhan warga ramai-ramai melakukan gotong royong membersihkan lingkungan makam.

Sehingga setelah dari bulan Rajab hingga bulan Sya'ban melakukan bersih lingkungan, dilanjutkan pada bulan Ramadhan dengan upaya pembersihan hati, maka pada bulan Syawal diharapkan ummat Islam datang dengan kemenangan, yakni mencapai kesucian diri dan kejernihan hati, disempurnakan dengan saling bermaaf-maafan antara sesama umat manusia tanpa memandang suku, bangsa, ras dan agama.

 

 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter