INFORMASI :

yes Selamat datang di website resmi Pemerintah Desa Karangsari Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumenyes

Gerakan Aktifkan Posyandu Desa Karangsari

Gerakan Aktifkan Posyandu Desa Karangsari

Gerakan aktifkan posyandu merupakan kegiatan yang dilaksanakan Puskesmas Kebumen III sepanjang bulan Juni. (14/06/2023) Kegiatan dilaksanakan di Posyandu Asih Dusun Ampel Desa Karangsari di Rumah Bapak Ketua RW 04 Amad Jaeni, kegiatan mulan pukul 09.00-11.30 WIB. 

Jumlah kehadiran balita dan ibu balita usia produktif mencapai 75 orang.  

Ada 6 tenaga kesehatan dari Puskesmas Kebumen III yang bertugas di kegiatan Gerakan Aktifkan Posyandu serta dibantu oleh Kader Kesehatan dari Desa Karangsari.

Penyuluhan mengenai Kanker Payudara disampaikan oleh petugas kesehatan kebumen III.

"Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang rentan menyerang wanita selain kanker serviks. Kendati demikian, peluang kesembuhan kanker payudara bisa semakin besar apabila terdeteksi dini dan segera diobati. Teknik SADARI adalah salah satu langkah mudah mendeteksi dini kanker payudara.”

Waktu yang tepat untuk melakukan SADARI adalah beberapa hari setelah periode menstruasi berakhir. Pada masa menstruasi, kadar hormon berfluktuasi sehingga menyebabkan perubahan pada tubuh, termasuk payudara mengencang. Nah, beberapa cara untuk yang bisa dilakukan untuk melakukan SADARI, antara lain:

1. Pemeriksaan di Depan Cermin

Kamu hanya membutuhkan cermin dan pencahayaan ruangan yang baik. Berdirilah di depan kaca, lalu buka pakaian dari pinggang ke atas. Perhatikan dengan seksama kondisi payudara kamu. Kebanyakan wanita umumnya memiliki ukuran payudara yang tidak sama besarnya. Kemudian, coba berdirilah dengan lengan di samping tubuh. 

Perhatikan bentuk, ukuran, dan apakah ada perubahan seperti permukaan, warna kulit, dan bentuk puting payudara. Periksa juga apakah terdapat cairan yang keluar dari puting dengan cara menempatkan jempol dan jari telunjuk di sekitar puting, lalu tekan perlahan. Ulangi pada payudara yang lain.

2. Saat mandi

Kamu bisa memeriksa payudara saat mandi. Busa sabun bisa memudahkan pergerakan tangan untuk memeriksa benjolan atau perubahan payudara. Gunakan jari untuk menekan-nekan bagian demi bagian dengan lembut.

3. Berbaring

Pemeriksaan SADARI bisa dilakukan dengan cara berbaring sebab saat berbaring, payudara menjadi melebar dan memudahkan untuk diperiksa. Sambil berbaring, kamu bisa menempatkan gulungan handuk atau bantal kecil di bawah pundak. Gunakanlah losion untuk memijat payudara dan pijatlah dengan gerakan sesuai arah jam. 

Lakukan hingga seluruh permukaan payudara hingga ke puting selesai teraba. Hal yang perlu diperhatikan saat dan setelah melakukan pemeriksaan adalah tetap tenang jika mendapati perubahan pada payudara. Meski harus tetap waspada, tetapi sebagian besar perubahan fisik tidak selalu mengarah pada kanker. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendiagnosis kelainan ini.

Pemberian PMT bagi balita diberikan sesuai dengan rentan umut balita. 

Kegiatan aktifkan posyandu :

1. Penimbangan dan deteksi dini tumbuh kembang

2. Imunisasi, pemberian Vitamin dan konsultasi kesehatan

3. Deteksi dini penyakit tidak menular dan pengobatan

4. Pengecekan gula darah gratis

5. Skrining PTM usia ptoduktif

Kegiatan Gerakan Aktifkan Posyandu di Dusun Ampel Desa Karangsari berjalan lancar dan kondusif. 

 

(ral/03)

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter