INFORMASI :

yes Selamat datang di website resmi Pemerintah Desa Karangsari Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumenyes

TRADISI SEDEKAH BUMI DUSUN AMPEL DESA KARANGSARI Tahun 2023

TRADISI SEDEKAH BUMI DUSUN AMPEL DESA KARANGSARI Tahun 2023

BERITA KARANGSARI -- (28/7/2023) Pada hari Jumat Tanggal 28 Juli di Dusun Ampel Desa Karangsari melaksanakan Acara Sedekah Bumi yang bertempat di Masjid At-Taqwa RT 005 RW 004 Desa Karangsari. Acara dimulai Pukul 13.00 WIB sampai selesai.

Dihadiri oleh Kepala Desa Karangsari Bapak Endrata beserta jajaran Pemdes Desa Karangsari, seluruh Tokoh Agama Dusun Ampel, dan Warga Masyarakat Dusun Ampel.

Ampel adalah salah satu nama Dusun di Desa Karangsari Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Letak Dusun Ampel berada di paling utara Desa Karangsari. Di Dusun Ampel terdapat tradisi di tengah-tengah masyarakat yang dikenal dengan sebutan “SEDEKAH BUMI” diadakan setiap bulan Muharam (Bulan Suro). Tradisi tersebut tidak terdapat di wilayah dusun lainnya di Desa Karangsari, hanya sifat lokal tingkat wilayah Dusun / RW.

Tradisi Sedekah Bumi adalah sebuah budaya atau praktik yang terdapat dalam beberapa masyarakat. Ini adalah suatu bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atau para leluhur atas hasil panen atau keberhasilan dalam usaha pertanian. Sedekah Bumi dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan permohonan berkah agar tanah tetap subur dan hasil panen selalu melimpah.

Sedekah Bumi merupakan bagian dari kearifan lokal dan memperkuat ikatan sosial dalam masyarakat. Selain itu, tradisi ini juga mengajarkan nilai-nilai kebersyukuran dan rasa saling berbagi yang sangat dihargai oleh masyarakat.

Tradisi sedekah bumi sudah sejak jaman dahulu, pada awalnya di Dusun Ampel terdapat kegiatan tradisi yaitu tradisi sedekah bumi dan tradisi suran. Tradisi sedekah bumi diadakan pada waktu selesai tanam padi, dengan kegiatan mengadakan kenduri Bersama seluruh warga Dusun, setiap keluarga membuat tumpeng dan sayur. Tradisi suran dilengkapi dengan potong kambing dan dagingnya dimasak menjadi gulai dan dibagikan kepada warga dengan pertimbangan efisiensi dan lainnya.

 

(ral/03)

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter