INFORMASI :

yes Selamat datang di website resmi Pemerintah Desa Karangsari Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumenyes

Kegiatan Posbindu Upaya Sehat Dusun Karangasem Desa Karangsari Kecamatan Kebumen

Kegiatan Posbindu Upaya Sehat Dusun Karangasem Desa Karangsari Kecamatan Kebumen

BERITA KARANGSARI - Posbindu adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan di masyarakat guna memberikan pelayanan kesehatan terpadu dan upaya promotif-preventif dalam rangka peningkatan kesehatan masyarakat. Pos Pelayanan Terpadu (POSBINDU) Upaya Sehat Dusun Karangasem  melaksanakan kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap bulannya. Selasa 24/10/2023.

Dilaksanakan pukul 08.00-11.00 wib di halaman rumah Bapak Kadus Karangasem Miswardi RT 003 RW 003 Desa Karangsari Kecamatan Kebumen.

Secara bergelombang para lanjut usia yang mayoritas wanita lansia sebagian laki-laki lansia. Mereka datang untuk memeriksakan kesehatan di POSBINDU (Pos Pembinaan Terpadu) yang memang rutin dilaksanakan setiap bulan di Dusun Karangasem.

Kegiatan posyandu lanjut usia di dampingi oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Kebumen 3 yaitu Ibu Bidan Juminah, Ibu Perawat Eni Sudaryati.

Hadir di Posbindu Upaya Sehat Bapak Kades Desa Karangsari Endrata.

Para lansia sesampainya di posyandu tidak langsung mendapatkan layanan kesehatan, mereka diminta untuk menunggu yang lain untuk melaksanakan senam lansia yang dipandu oleh Kader Kesehatan dan petugas Puskesmas Kebumen 3.

Kegiatan Posbindu umumnya dilakukan di pos-pos kesehatan yang tersebar di berbagai wilayah. Beberapa kegiatan yang umum dilakukan di Posbindu antara lain:

·Pemeriksaan Kesehatan: Posbindu menyediakan pemeriksaan kesehatan secara gratis atau dengan biaya yang terjangkau. Pemeriksaan kesehatan ini meliputi pengukuran tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan berat badan. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mendeteksi dini adanya penyakit atau faktor risiko kesehatan tertentu.

·Penyuluhan Kesehatan: Posbindu juga menjadi tempat penyuluhan kesehatan kepada masyarakat. Tim kesehatan akan memberikan informasi mengenai pola makan sehat, pentingnya olahraga, pengendalian stres, kebersihan diri dan lingkungan, serta cara mengatasi penyakit tertentu. Penyuluhan kesehatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar dapat menjaga kesehatan mereka dengan baik.

·Promosi Kesehatan: Posbindu juga melakukan kegiatan promosi kesehatan, seperti kampanye tentang pentingnya cuci tangan, praktik seks yang aman, dan pencegahan penyakit menular lainnya. Kegiatan promosi kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan perilaku hidup sehat.

·Pemberian Obat: Pada beberapa Posbindu, terdapat fasilitas pemberian obat bagi masyarakat yang membutuhkannya. Biasanya obat-obatan yang diberikan adalah obat generik yang dapat membantu masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan ringan.

Kegiatan Posbindu dapat membantu meningkatkan aksesibilitas dan pemerataan pelayanan kesehatan di masyarakat. Dengan adanya Posbindu, diharapkan masyarakat dapat mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih mudah dan terjangkau, serta mendapatkan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan. kegiatan berjalan lancar tanpa ada halangan apapun. (ral/03)  
 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter