INFORMASI :

yes Selamat datang di website resmi Pemerintah Desa Karangsari Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumenyes

PEMDES Karangsari Menghadiri Upacara Memperingati HUT KORPRI ke-52 Tahun 2023

PEMDES Karangsari Menghadiri Upacara Memperingati HUT KORPRI ke-52 Tahun 2023

BERITA KARANGSARI - Tanggal 29 November 2023 jatuh pada hari Rabu. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) KORPRI. Kecamatan Kebumen melaksanakan upacara memperingati Hari KORPRI, dilaksanakan di Halaman Pendopo Kecamatan Kebumen pukul 07.30 s/d selesai. 

PEMDES Karangsari menghadiri Upacara yang dilaksanakan di Halaman Pendopo Kecamatan Kebumen. 

Hari KORPRI Setiap tanggal 29 November dikenal sebagai Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI). Hari tersebut sekaligus menjadi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) KORPRI. 

KORPRI berdiri pada tanggal 29 November 1971 sesuai dengan Keppres Nomor 82 Tahun 1971 tentang Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI). Awal mula KORPRI terbentuk untuk melindungi pemerintah yang berkuasa waktu itu. Namun sejak era reformasi, KORPRI berubah menjadi organisasi yang netral, tidak berpihak terhadap partai politik tertentu.

Melansir situs resmi KORPRI, organisasi ini ada sejak masa penjajahan Belanda. Kala itu sudah banyak pegawai pemerintah Hindia Belanda berasal dari kaum bumi putera. Namun kedudukan pegawai merupakan kelas bawah. Pada saat peralihan kekuasaan Belanda kepada Jepang, pegawai pemerintah di era Hindia Belanda dipekerjakan oleh pemerintah Jepang sebagai pegawai pemerintah. Status menjadi Pegawai Negara Kesatuan Republik Indonesia baru disandang setelah kemerdekaan Indonesia.

Hingga akhirnya pada 29 November 1971 sesuai dengan Keppres yang ditetapkan oleh Presiden RI Soeharto. HUT KORPRI ke-52 tahun 2023 ini mengusung tema "KORPRIKAN INDONESIA". Tema tersebut diharapkan agar para anggota KORPRI lebih bersemangat dalam bekerja dan berkontribusi melayani kepentingan publik demi tercapainya pembangunan nasional.

Upacara HUT kE-52 KORPRI kali ini berlangsung dengan khidmat. Upacara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars Korpri dan ditutup dengan pembacaan doa. 

Kegiatan dilanjut dengan Lomba menyanyikan Mars Kebumen dan Pengucapan Panca Prasetya KORPRI, seluruh desa wajib mengikuti lomba. (ral/03*)


 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter