INFORMASI :

yes Selamat datang di website resmi Pemerintah Desa Karangsari Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumenyes

Peningkatan Kesehatan Anak Dengan Kelas Ibu Balita Desa Karangsari Kecamatan Kebumen

Peningkatan Kesehatan Anak Dengan Kelas Ibu Balita Desa Karangsari Kecamatan Kebumen

BERITA KARANGSARI - 5/2/2024 Senin, Peningkatan upaya promotif di bidang kesehatan terus dilakukan oleh Desa Karangsari Bersama dengan Puskesmas Kebumen III. Dilaksanakan mulai pukul 09.00-11.00 WIB, di rumah Bapak RW.

Salah satunya adalah peningkatan pengetahuan mengenai kesehatan anak balita. Kegiatan yang dikoordinir oleh program Kesehatan Ibu dan Anak bersama bidan desa, tenaga pendamping desa dan kader kesehatan mengadakan kegiatan Kelas Ibu Balita.

Adapun tujuan dari kelas ibu balita adalah meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dengan menggunakan Buku KIA dalam mewujudkan tumbuh kembang balita yang optimal.

Peserta Kelas Ibu Balita adalah kelompok belajar ibu-ibu yang mempunyai anak usia antara 0 – 5 tahun dengan pengelompokan usia 0-1 tahun, usia 1-2 tahun, usia 2-5 tahun.

Peserta kelompok belajar terbatas, paling banyak 20 orang. Proses belajar dibantu oleh bidan Puskesmas Kebumen III Ibu Nengah yang memahami bagaimana teknis pelaksanaan Kelas Ibu Balita, dan narasumber terkait dengan materi yang perlu diberikan seperti gizi, gigi, penyakit menular dan lainnya.

Apakah Kelas Ibu Balita?

Kelas ibu balita merupakan kelas dimana para ibu yang mempunyai anak berusia 0-5 tahun secara bersama - sama berdiskusi, tukar pendapat, tukar pengalaman akan pemenuhan pelayanan kesehatan, gizi dan stimulasi pertumbuhan dan Perkembangaannya dibimbing oleh fasilitator dengan menggunakan buku KIA.

Tujuan Kelas Ibu Balita

1.Meningkatkan kesadaran pemberian ASI secara eksklusif

2.Meningkatkan pengetahuan ibu akan pentingnya Imunisasi pada bayi

3.Meningkatkan keterampilan ibu dalam pemberian MP-ASI dan gizi seimbang kepada Balita

4.Meningkatkan kemampuan ibu memantau pertumbuhan dan melaksanakan stimulasi perkembangan Balita

5.Meningkatkan pengetahuan ibu tentang cara perawatan gigi Balita dan mencuci tangan yang benar

6.Meningkatkan pengetahuan ibu tentang penyakit terbanyak, cara pencegahan dan perawatan Balita

Manfaat Kelas Ibu Balita

Bagi ibu balita dan keluarganya, kelas ibu balita merupakan sarana untuk mendapatkan teman, bertanya dan memperoleh informasi penting yang harus dipraktekkan.

Bagi petugas kesehatan, penyelenggaraan kelas ibu balita merupakan media untuk lebih mengetahui tentang kesehatan ibu balita, anak dan keluarganya serta dapat menjalin hubungan yang lebih erat dengan ibu balita serta keluarganya dan masyarakat.

Kegiatan berjalan lancar dan tidak ada halangan suatu apapun.

(ral/03*)

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter