Senin, 29 April 2024

INFORMASI :

yes Selamat datang di website resmi Pemerintah Desa Karangsari Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumenyes

LOMBA MENYUSUN MENU MAKANAN SEHAT SEHARI UNTUK IBU HAMIL DI DESA KARANGSARI KECAMATAN KEBUMEN

LOMBA MENYUSUN MENU MAKANAN SEHAT SEHARI UNTUK IBU HAMIL DI DESA KARANGSARI KECAMATAN KEBUMEN

B2SA adalah singkatan dari Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman, yang merupakan konsep penting dalam gizi seimbang. Konsep ini mencerminkan pentingnya mendapatkan makanan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Beragam: Mengonsumsi berbagai jenis makanan dari semua kelompok makanan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein, dan produk susu untuk memastikan asupan nutrisi yang mencukupi.
  2. Bergizi: Memilih makanan yang mengandung nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, lemak sehat, vitamin, dan mineral.
  3. Seimbang: Menjaga keseimbangan antara asupan makanan dan kebutuhan energi tubuh agar tidak kelebihan atau kekurangan energi.
  4. Aman: Memastikan makanan yang dikonsumsi bebas dari kontaminasi dan aman untuk dikonsumsi.

Dengan memperhatikan prinsip B2SA, diharapkan seseorang dapat menjaga pola makan yang sehat dan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

 

Pola konsumsi pangan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang. Hal ini disebabkan karena kuantitas dan kualitas pangan yang dikonsumsi akan mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang.

Guna memotivasi masyarakat agar mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA).

Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehat Sehari di Desa Karangsari bersama TP PKK Desa Karangsari dilaksanakan pada tanggal 29 Februari 2024 pukul 09.00 WIB s/d selesai bertempat di Pos Paud Cempaka Putih. Lomba tersebut yang diikuti oleh 7 kelompok, dimana 1 kelompok terdiri dari 2-3 orang.

Lomba tersebut dimaksudkan agar setiap individu yang bertanggung jawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga sehari-hari dapat menyajikan menu yang beragam, bergizi seimbang, dan aman.

Mereka Menyusun menu dengan kreativitas masing-masing serta beraneka ragam yang terdiri atas aneka karbohidrat, tumisan, sayur kuah, santan hingga berbagai olahan lauk.

Mereka diharuskan menyediakan menu makanan sehat yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur mayur dan buah-buahan. Peserta menyajikan 3 menu untuk sarapan, makan siang dan makan malam.

Tim Dewan juri berasal dari tim TP PKK Kecamatan, dan Perwakilan dari staff Kecamatan. Kriteria penilaiannya meliputi kandungan kalori dan nilai gizi, tekstur dan penampilan, rasa, kesesuaian harga, dan kreativitas. (ral/03*)

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas
Bupati Kebumen Hibahkan Eks Gedung SD untuk Pemerintah Desa Sawangan
Bupati Resmikan Pantai Heppii, Wisata Rakyat, Nyaman, Murah Meriah
Bupati Minta Promosi Geopark Kebumen di Gencarkan
Pemkab Kebumen Raih Penghargaan literasi Nasional dari Nyalanesia

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3