Senin, 29 April 2024

INFORMASI :

yes Selamat datang di website resmi Pemerintah Desa Karangsari Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumenyes

Potensi Desa Karangsari

Potensi Desa Karangsari

Potensi Desa

Potensi desa adalah segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki desa sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa.

Potensi Desa Karangsari meliputi :

1.       Pertanian

Desa Karangsari adalah salah satu Desa penghasil padi dan beberapa komoditas pertanian lainnya. Produksi Padi di Desa Karangsari pada tahun 2018 mencapai 753,48 Ton dengan produktivitas mencapai 64,4 Kuintal/Ha. Sedangkan untuk produk pertanian lainnya di tahun 2018, kedelai 6.4 Ton dan Jeruk 2,45 Ton.

2.       Peternakan

Usaha peternakan yang menonjol di Desa Karangsari adalah peternakan burung perkutut, di tahun 2018 jumlah peternak mencapai 129 orang, jumlah sangkar 1.293 buah dan jumlah burung mencapai 1.287 pasang.

3.       Jasa

Potensi desa di bidang jasa meliputi jasa usaha konveksi, kerjinan batu akik, snack/catering dan perdagangan. Untuk jasa konveksi/penjahit terdiri dari 37 jasa penjait, 71 jasa konveksi dan menyerap tenaga kerja sebanyak 286 orang.

4.       Wilayah

Desa Karangsari memiliki potensi wilayah yang dekat dengan ibukota kecamatan dan ibukota kabupaten serta memiliki sarana pendidikan yang cukup banyak. Jarak ke ibukota ke ibukota kecamatan sekitar 2,5 km sedangkan jarak ke ibukota kabupaten sekitar 3 km. Dilengkapi infrastruktur jalan dan irigasi yang cukup baik, sarana pendidikan dan perumahan yang sedang berkembang, menjadikan desa karangsari berpotensi menjadi wilayah pemukiman, pendidikan dan pusat jasa/perdagangan yang maju dan nyaman.

5.       Sumber Daya Manusia

Penduduk usia produktif (15-65 tahun) di desa karangsari pada tahun 2018 berjumlah 4.344 jiwa atau sekitar 71 % dari jumlah penduduk desa karangsari.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Potensi Desa Terkait

Kebumen Terkini

Silaturahmi dengan PPDI, Bupati Minta Perkuat Sinergitas
Bupati Kebumen Hibahkan Eks Gedung SD untuk Pemerintah Desa Sawangan
Bupati Resmikan Pantai Heppii, Wisata Rakyat, Nyaman, Murah Meriah
Bupati Minta Promosi Geopark Kebumen di Gencarkan
Pemkab Kebumen Raih Penghargaan literasi Nasional dari Nyalanesia

Arsip Potensi Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3